LATIHAN
SOAL UKG IPA SMP 2015
1. Berikut ini adalah
kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data
Urutan
kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A. (1), (2), (3), (4), (5), (6)
B. (4), (5), (3), (1), (6), (2)
C. (5), (3), (1), (6), (4), (2)
D. (5), (4), (3), (1), (6), (2)
E. Semua jawaban salah
2. Kelebihan soal obyektif antara
lain ...
A. materi uji luas, menyusunnya
mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya mudah, materi uji
luas, dan dapat digunakan berulang
C. scoringnya cepat, menyusunnya
mudah, dan dapat digunakan berulang
D. materi uji luas, scoringnya cepat
dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2 jawaban benar
3. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi
yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan
maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
E. Tidak ada jawaban
4. Berikut ini yang merupakan ciri
pembelajaran sains yang baik adalah
A. Memfasilitasi siswa untuk
menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B. Memfasilitasi siswa menemukan
konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C. Memfasilitasi siswa menerima
konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D. Memfasilitasi siswa untuk
membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E. Semua jawaban benar
5. Batas lulus purposif mengacu pada
penilaian ...
A. acuan norma
B. acuan kriteria
C. gabungan
D. acuan norma atau kriteria
E. Semua jawaban benar
6. Tahap pada saat individu/kelompok
mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi
dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision
making)
D. Tahap implementasi
(implementation)
E. Tidak ada jawaban
7. Untuk membedakan karya tulis
ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek
tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
A. sistematika tulisan
B. panjang tulisan
C. ragam bahasa yang digunakan
D. pengarang
E. Ada 3 jawaban benar
8. Salah satu prediksi yang dapat
diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....
A. Pengecoh butir soal itu tidak
berfungsi
B. Sebagian besar siswa telah memahami
materi yang ditanyakan
C. Sebagian besar siswa menjawab
benar butir soal itu
D. Butir soal itu "mungkin"
salah kunci jawaban
E. Tidak ada jawaban benar
9. Berikut ini merupakan komponen
penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan pelajaran siswa
B. catatan harian sikap siswa
C. hasil pekerjaan siswa
D. profil perkembangan siswa
E. Tidak ada jawaban benar
10. Adanya saling pemahaman dalam
komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
E. Semua jawaban salah
11.
Kebenaran
ilmu pengetahuan bersifat
A.
Mutlak
B.
mantap
C.
tentatif
D.
pasti
E.
Semua
jawaban benar
12.
Daffa
memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah
120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa
adalah ...
A.
0,5
B.
0,9
C.
3,0
D.
3,5
E.
1,2
13.
Suatu
sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis
melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A.
Kegiatan
pemeliharaan terbatas
B.
Fasilitas
fisik
C.
Ukuran
kewilayahan
D.
Penggunaan
waktu
E.
Tidak
ada jawaban
14.
Mereka
merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru
adalah . . . .
A.
Late
Majority
B.
Late
Adopters
C.
Early
Majority
D.
Early
Adopters
E.
Ada
2 jawaban benar
15.
Mencari
penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A.
Bujukan
(persuasion)
B.
Konfirmasi
(confirmation)
C.
Implementasi
(implementation)
D.
Pengembalian
keputusan (decision making)
E.
Tidak
ada jawaban yang benar
16.
Portofolio
sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :
A.
Selama
pembelajaran berlangsung
B.
Ketika
akan dimulai pembelajaran
C.
pada
saat psnkoran
D.
Jawaban
benar semua
E.
Jawaban
salah semua
17.
Fungsi
utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.
mengumpulkan
hasil karya siswa
B.
meningkatkan
rasa saling percaya
C.
mengetahui
peningkatan kemampuan siswa
D.
menilai
hasil belajar siswa
E.
Semua
jawaban benar
18.
Analisis
soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.
ahli
bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.
beberapa
ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.
beberapa
ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.
ahli
materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.
Ada
2 jawaban benar
19.
Salah
satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk
katgori sukar yaitu ....
A.
Pengecoh
butir soal itu tidak berfungsi
B.
Sebagian
besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.
Sebagian
besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.
Butir
soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.
Tidak
ada jawaban benar
20.
Melatih
peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau
berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A.
CBSA
/ Cara Belajar Siswa Aktif
B.
MBS
/ Manajemen Berbasis Sekolah
C.
PKR
/ Pembelajaran Kelas Rangkap
D.
Unit
/ Pembelajaran Terpadu.
E.
PKR
- Unit
21.
Mereka
merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru
adalah . . . .
A.
Late
Majority
B.
Late
Adopters
C.
Early
Majority
D.
Early
Adopters
E.
Ada
2 jawaban benar
22.
Penilaian
acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A.
rata-rata
kelompok
B.
kriteria
yang telah ditetapkan
C.
persentase
kemampuan siswa
D.
skor
baku yang telah ditetapkan
E.
Semua
jawaban benar
23.
Menurut
Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian
melakukan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap
obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A.
pembelajaran
sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B.
pembelajaran
sains dapat diceramahkan secara rinci
C.
pembelajaran
sains memerlukan alat peraga
D.
pembelajaran
sains belum diperlukan
E.
Semua
jawaban benar
24.
Berikut
ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.
Memfasilitasi
siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Memfasilitasi
siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.
Memfasilitasi
siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Memfasilitasi
siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami
konsep itu.
E.
Semua
jawaban benar
25.
Di
bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal
bentuk uraian kecuali ....
A.
Ada
kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.
Menggunakan
kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.
Ada
petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D.
Tabel
atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E.
Tidak
ada jawaban
26.
Batas
lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A.
acuan
norma
B.
acuan
kriteria
C.
gabungan
D.
acuan
norma atau kriteria
27.
Berikut
ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A.
catatan
pelajaran siswa
B.
catatan
harian sikap siswa
C.
hasil
pekerjaan siswa
D.
profil
perkembangan siswa
E.
Semua
jawaban benar
28.
Melatih
peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau
berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A.
CBSA
/ Cara Belajar Siswa Aktif
B.
MBS
/ Manajemen Berbasis Sekolah
C.
PKR
/ Pembelajaran Kelas Rangkap
D.
Unit
/ Pembelajaran Terpadu.
E.
PKR
- Unit
29.
Sampai
sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan
suatu . . . .
A.
Relative
advantages
B.
Complexity
C.
Observability
D.
Compatibility
E.
Semua
jawaban salah
30.
Kebenaran
ilmu pengetahuan bersifat
A.
Mutlak
B.
mantap
C.
tentatif
D.
pasti
E.
Semua
jawaban benar
31.
Kebenaran
ilmu pengetahuan bersifat
A.
Mutlak
B.
mantap
C.
tentatif
D.
pasti
E.
Semua
jawaban benar
32.
Aspek
konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian yaitu
antara lain ...
A.
Pertanyaan
dan jawaban yang diharapkan sesuai indikator
B.
Rumusan
kalimaat harus dalam bentuk kalimat tanya
C.
Pertanyaan
menuntut jawaban terurai dan ada pedoman pensekorannya
D.
Rumusan
kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda\
E.
Ada
2 jawaban benar
33.
Suatu
proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun tentang siswa baik yang
menyangkut kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun
kebijakan-kebijakan sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan
pengertian dari :
A.
Asesmen
B.
Evaluasi
C.
Pengukuran
D.
Tes
E.
Semua
jawaban salah
34.
Salah
satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin
reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A.
alat
penilaian diujikan pada orang yang sama
B.
alat
penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C.
petunjuk
pelaksanaan harus jelas
D.
perlu
alat penilain pembanding yang berbeda
E.
Semua
jawaban benar
35.
Pemilihan
penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel
merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A.
panjang
tulisan
B.
nada
tulisan
C.
gaya
tulisan
D.
bahasa
tulisan
E.
Semua
jawaban salah
36.
Pada
dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada
dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A.
Helen
Parkhust
B.
Kak
Seto
C.
John
Dewey
D.
Montessori
E.
Ki
Hajar Dewantara
37.
Fokus
asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
A.
Kemampuan
berkomunikasi
B.
Kemampuan
memecahkan masalah
C.
Pengembangan
sikap
D.
Penekanan
pada generalisasi.
E.
Semua
jawaban salah
38.
Suatu
penggabungan Sekolah Dasar di daerah kecamatan sebagai upaya meningkatkan
efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan, disebut . . . .
A.
Manajemen
Berbasis Sekolah / School Based Management
B.
School
Merger
C.
Multi
Grade Instruction Pembelajaran Kelas Rangkap
D.
CBSA
E.
Jawaban
tidak ada
39.
Pernyataan
dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas,
kecuali :
A.
Siswa
tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut
untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi
dirinya.
B.
Pengumpulan
informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan
berkesinambungan.
C.
Hasil
belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun
prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki
sebelumnya.
D.
Penilaian
dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi
guru.
E.
Tidak
ada jawaban
40.
Daffa
memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah
120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa
adalah ...
A.
0,5
B.
0,9
C.
3,0
D.
3,5
41.
Salah
satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk
katgori sukar yaitu ....
A.
Pengecoh
butir soal itu tidak berfungsi
B.
Sebagian
besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.
Sebagian
besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.
Butir
soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.
Tidak
ada jawaban benar
42.
Di
antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...
A.
Kurang
dapat membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa
B.
Bisa
digunakan dengan cooperative learning
C.
Pengetahuan
dan keterampilan siswa dapat diintegrasikan
D.
Bisa
digunakan untuk individu maupun kelompok.
E.
Ada
2 jawaban benar
43.
Kemampuan
yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki
implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan
penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam
konsep :
A.
Kompetensi
B.
Standar
kompetensi
C.
Kompetensi
dasar
D.
Indikator
pencapaian belajar.
44.
Analisis
soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.
ahli
bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.
beberapa
ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.
beberapa
ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.
ahli
materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.
Ada
2 jawaban benar
45.
Cara
pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali
.....
A.
kondisi
lingkungan sekolah
B.
jumlah
siswa dalam kelas
C.
waktu
yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.
sarana
dan fasilitas yang tersedia.
E.
Semua
jawaban benar
46.
Tahap
komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi
inovasi yang ditawarkan merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A.
Design
B.
Evaluation
C.
Trial
D.
Wareness
Interest
E.
Wareness
Trial
47.
Tahapan
PTK yang paling tepat adalah .....
A.
perencanaan
– pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B.
refleksi
– analisis – perencanaan – pelaksanaan
C.
perencanaan
– pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D.
refleksi
–perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E.
perencanaan
- Pelaksanaan - Analisis
48.
Penilaian
acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A.
rata-rata
kelompok
B.
kriteria
yang telah ditetapkan
C.
persentase
kemampuan siswa
D.
skor
baku yang telah ditetapkan
E.
Semua
jawaban benar
49.
Yang
tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah ...
A.
Menentukan
siapa yang akan mengobservasi
B.
Mewawancarai
siswa yang hendak kita observasi
C.
Menentukann
kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
D.
Menentukan
rencana sampling
E.
Semua
jawaban salah
Jawaban:
B
50.
Salah
satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
A.
menjelaskan
partisipan
B.
menulis
masalah yang sudah pernah dibahas
C.
memecah
satu penelitian menjadi beberapa artikel
D.
melaporkan
korelasi yang dibahas dalam penelitian
51.
Di
antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis
ilmiah?
A.
senjata
makan tuan
B.
kumbang
cantik pengisap madu
C.
pengaruh
gizi pada pertumbuhan anak
D.
pengaruh
obat bius yang menghebohkan
E.
Semua
jawaban benar
52.
Berikut
ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.
Memfasilitasi
siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Memfasilitasi
siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.
Memfasilitasi
siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Memfasilitasi
siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami
konsep itu.
E.
Semua
jawaban benar
53.
Adalah
proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai
suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A.
Linier
B.
Kontradiktif
C.
Konvergen
D.
Collective
E.
Semua
jawaban salah
54.
Kelebihan
soal obyektif antara lain ...
A.
materi
uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B.
menyusunnya
mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C.
scoringnya
cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.
materi
uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E.
Ada
2 jawaban benar
55.
Penilaian
hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini
dimaksudkan agar ...
A.
tes
dikerjakan dengan santai, tidak serius
B.
siswa
dapat menunjukkan apa yang dipahaminya
C.
kemampuan
siswa dapat meningkat
D.
siswa
tidak merasa rendah diri
E.
Semua
jawaban salah
Kunci
Jawaban
1.
D
2.
D
3.
B
4.
A
5.
B
6.
B
7.
A
8.
D
9.
A
10.
C
11.
A
12.
A
13.
C
14.
A
15.
B
16.
D
17.
C
18.
C
19.
D
20.
D
21.
A
22.
B
23.
C
24.
A
25.
A
26.
B
27.
A
28.
D
29.
D
30.
A
31.
A
32.
C
33.
A
34.
C
35.
B
36.
D
37.
D
38.
B
39.
D
40.
A
41.
D
42.
A
43.
B
44.
C
45.
B
46.
D
47.
C
48.
B
49.
B
50.
C
51.
C
52.
A
53.
C
54.
D
55.
B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar