Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan :
SMP
Nurul Amanah
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: VIII / Semester I
Topik :
Gerak pada Makhluk Hidup dan
Benda
Sub Topik :
Gerak pada Makhluk Hidup (Tumbuhan)
Alokasi Waktu : 16 X 40 menit ( 6 kali tatap muka)
A. KOMPETENSI INTI
KI
.1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI
.2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI .3. Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI .4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,dan membuat)dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajaridisekolahdan sumber lainyang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan
Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator
:
1.
Menjelaskan jenis gerak pada tumbuhan
berdasarkan penyebabnya
2.
Menganalisis contoh gerak pada tumbuhan
berdasarkan penyebabnya dan jenis rangsang
yang diterima atau bagian tumbuhan yang
menanggapi rangsang
3. Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan
kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
4.
Menjelaskan sistem otot hewan yang
sesuai dengan pola gerak yang dilakukan
5.
Menghitung kecepatan seorang anak
bersepeda dengan menggunakan rumusan gerak lurus
beraturan
6.
Menganalisis peristiwa kelembaman
berdasarkan grafik v – t yang disajikan
7.
Menyimpulkan hubungan antara gaya dan
massa dengan percepatan benda bergerak
8.
Menyebutkan
pasangan gaya aksi dan reaksi
9.
Membandingkan besar gaya aksi reaksi
yang terjadi antara burung dengan udara ketika
burung sedang terbang
10.
Mengevaluasi penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup,
dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
Indikator :
1.
Melakukan
penyelidikan pengaruh berbagai rangsang terhadap gerak daun putri malu.
2.
Melakukan pengamatan tentang jenis gerak pada
10 jenis tanaman yang berbeda.
3.
Melakukan
percobaan gerak lurus pada benda
4.
Melakukan
percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
5.
Menghitung
jarak tempuh hewan yang berlari dengan kecepatan dan waktu tertentu
6.
Menghitung
berat benda dengan menggunakan persamaan hukum II Newton
7.
Menganalisis
penerapan hukum III Newton pada atlet lompat tinggi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi pada bab I ini, peserta didik
diharapkan dapat melakukan hal-hal berikut.
1.
Menjelaskan
gerak tumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
2.
Menjelaskan
gerak pada hewan berdasarkan fungsi tubuh dan habitatnya
3.
Menjelaskan
gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap benda
4.
Menjelaskan
penerapan hukum Newton pada gerak hewan dan manusia
D. MATERI
1. Gerak tumbuhan
berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi gerak endonom, gerak higroskopis,
dan
gerak esionom
2. Gerak endonom
(gerak spontan) adalah gerak tumbuhan yang tidak memerlukan rangsang dari luar
atau tidak diketahui penyebabnya. Rangsangan pada gerak endonom diduga berasal
dari dalam tumbuhan itu sendiri.
3. Gerak
higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar
air di dalam sel sehingga terjadi
pengerutan yang tidak merata.
4. Gerak esionom
adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan
sekitar.
5. Gerak esionom
dibagi menjadi gerak tropisme (yang terdiri dari gerak geotropisme,
hidrotropisme,
tigmotropisme,
foto tropisme, dan gerak kemotropisme), gerak taksis (yang terdiri dari gerak
kemotaksis
dan fototaksis), dan gerak nasti (yang terdiri dari gerak niktinasti,
fotonasti, seismonasti, termonasti, dan
nasti kompleks.
6. Hewan melakukan
gerakan khas sesuai dengan habitat serta adaptasi fisiologi dan morfologinya.
7. Benda dan
makhluk hidup yang bergerak mengikuti hukum Newton tentang gerak
8. Hukum I Newton
membahas tentang kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaan gerak atau diamnnya (inersia) atau
9. Hukum II Newton menjelaskan tentang percepatan
gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik
dengan massanya atau
10. Hukum III Newton menjelaskan tentang gaya aksi reaksi
pada dua benda. Ketika benda pertama
mengerjakan
gaya (Faksi) ke benda kedua, maka benda kedua tersebut akan
memberikan gaya ( Freaksi) yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah
atau F aksi = - F reaksi
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode : Diskusi dan Eksperimen/Percobaan
3.
Model : Discovery
Learning
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : Charta, Komputer, LCD
2.
Alat dan Bahan :
NO
|
JENIS
|
JUMLAH
|
1
|
Alat
dan bahan praktikum Gerak Pada Makhluk Hidup (Percobaan pengaruh rangsang
terhadap gerak putri malu)
|
4 set
|
2
|
Alat
dan bahan praktikum Gerak Pada Benda (Percobaan gerak lurus beraturan)
|
1 set
|
3
|
Alat
dan bahan praktikum Gerak Pada Benda ( Percobaan kelembaman)
|
4 set
|
4
|
Alat
dan bahan praktikum Gerak Pada Benda ( Percobaan Hukum II Newton)
|
2 set
|
5
|
Alat
dan bahan praktikum Gerak Pada Benda ( Percobaan Hukum III Newton)
|
2 set
|
3.
Sumber Belajar :
a.
Buku
IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013
b.
LKS
c.
Lingkungan
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama ( 3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model DL
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
melakukan pemusatan perhatian :
·
Guru
memperlihatkan gambar yang berkaitan
dengan gerak pada makhluk hidup
·
Guru
memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar.
-
Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan gambar yang ditayangkan “ Manusia dan hewan
memiliki perilaku gerak yang tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama-sama
bisa berjalan, bagaimana dengan tumbuhan? Bagian apa saja dari tumbuhan yang
dapat bergerak? ”
-
Guru
meminta peserta didik mengamati gambar 1.1 (burung terbang), dan meminta
siswa menjawab pertanyaan pada kolom ‘ Ayo Tebak’
-
Guru
menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembejalaran yang tertera pada
bagian ‘Ayo Kita Pelajari?’
-
Guru
menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari
bab I ini yang tertera pada ‘Mengapa Penting?’
|
20 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan data
dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu percobaan sederhana pada tanaman putri malu
-
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
-
Siswa
diminta untuk pergi keluar kelas dan mencari tanaman putri malu
-
Melakukan
percobaan pengaruh rangsang terhadap gerak putri malu
-
Peserta
didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS
-
Mengolah
dan menganalisis data percobaan dengan cara mendiskusikan hasil
pengamatan dengan memperhatikan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
-
Peserta didik mempresentasikan hasil
pengamatannya dan mendiskusikan hasil
pengamatan mengenai pengaruh
berbagai jenis rangsangan sentuhan(es,
tangan, lilin/korek api) terhadap
tanaman putri malu dan mencocokan dengan konsep pada buku sumber.
-
Membuat
kesimpulan tentang pengaruh sentuhan
terhadap tanaman putri malu
-
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
80’
|
Penutup
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru
membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran
hari ini.
Kesimpulan:
a. Gerak
tumbuhan berdasarkan penyebabnya dibagi
menjadi gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.
b. Gerak endonom (gerak spontan) adalah gerak
tumbuhan yang tidak memerlukan rangsang dari luar atau tidak diketahui
penyebab luarnya. Rangsangan pada gerak endonom diduga berasal dari dalam
tumbuhan itu sendiri.
c. Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh
tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi
pengerutan yang tidak merata.
d. Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang
disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
e.
Gerak esionom dibedakan menjadi gerak tropisme (yang terdiri dari gerak
geotropism, hidrotropisme, tigmotropisme, foto tropisme, dan kemotropisme),
gerak taksis (yang terdiri dari gerak kemotaksis dan fototaksis), dan gerak
nasti (yang terdiri dari gerak niktinasti, fotonasti, seismonasti, termonasti,
dan nasti.
-
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-
Guru
menugaskan peserta didik untuk mengamati gerak tanaman yang ada di sekitar
tempat tinggal peserta didik
|
20’
|
Pertemuan Kedua ( 2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model DL
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
melakukan apersepsi mengaitkan materi pada pertemuan 1 dengan materi yang
akan dipelajari.“ Coba kamu perhatikan gerak hewan
darat dan gerak hewan yang
hidup di air! Mengapa berbeda?”
-
Guru
menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yang dilakukan yaitu
“Bagaimana burung dapat terbang bebas di udara?” pada kegiatan ‘Ayo Kita
Selesaikan’ dan ‘Ayo Kita Pahami'.
|
20 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data
dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu kegiatan diskusi tentang gerak hewan
-
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
-
Guru
membimbing peserta didik melakukan kegiatan diskusi untuk menjawab pertanyaan
pada kolom “Ayo Kita Selesaikan”.
-
Mengamati
Tabel Massa dan Kecepatan Gerak
beberapa Hewan Darat
-
Peserta
didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS
-
Mengolah
dan menganalisis data pengamatan dengan cara mendiskusikan Tabel hasil
pengamatan dengan memperhatikan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
-
Presentasi
hasil pengamatan
-
Mendiskusikan
konsep gerak hewan pada kolom ‘Ayo Kita Pahami’ dan mencocokan dengan konsep
pada buku sumber.
-
Membuat
kesimpulan tentang gerak hewan
berdasarkan struktur tubuh dan massanya
-
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
40’
|
Penutup
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru
membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan.
“Hewan melakukan gerakan
khas sesuai dengan habitat serta adaptasi fisiologi dan morfologinya”.
-
Guru
menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya.
|
20’
|
Pertemuan Ketiga ( 3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar dengan berdoa
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
memberi apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan “Mengapa benda
dapat bergerak? Gerakan seperti apa saja yang dapat dilakukan oleh benda?
apakah keadaan sekitar benda dapat
-
mempengaruhi
gerak benda?”
-
Guru
menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembejalaran yang tertera pada
kegiatan ‘Ayo Kita Pelajari!’
-
Guru
menyampaikan kepada peserta didik nilai yang diperoleh setelah mempelajari
bagian ini yang tertera pada ‘Mengapa Hal ini Penting?
|
20 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu percobaan Gerak Lurus
-
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
- Melakukan percobaan Gerak Lurus Beraturan
- Siswa mengamati percobaan dan mencatat data
pengamatan
- Mengolah data hasil percobaan dan menyajikan
-
hubungan antara jarak (sumbu Y) dengan waktu
(sumbuX) dalam bentuk grafik dan
-
grafik hubungan antara kecepatan (sebagai
sumbu
Y) dengan waktu sebagai sumbu X
- Presentasi hasil pengamatan
- Diskusi hasil pengamatan tentang hubungan
antara Jarak dan Waktu serta Kecepatan dan
Waktu pada Gerak Lurus Beraturan
-
Guru menyarankan pada peserta didik
untuk mempelajari bagian Hukum I Newton.
-
Membuat
kesimpulan tentang gerak lurus
beraturan
-
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
80’
|
Penutup
|
- Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan
pembelajaran
- Guru membimbing peserta didik
untuk menarik
kesimpulan.
“Hukum I Newton membahas
tentang kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaan gerak atau diamnnya
(inersia) atau
- Guru menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya dan mengerjakan
soal pada kolom ‘Ayo Kita Coba’.
|
20’
|
Pertemuan Keempat ( 2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model DL
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
melakukan apersepsi dengan menceritakan kisah Newton saat menemukan Hukum
Newton
“ Sir Isaac Newton FRS
(1642) adalah seorang
ilmuwan fisika berkebangsaan
Inggris yang memperlajari tentang gravitasi. Ide Newton tentang gravitasi
bumi muncul saat
ia sedang duduk
di bawah pohon apel. Saat itu Newton tertimpa apel.
Newton berpikir mengapa apel yang sudah masak selalu jatuh ke tanah dan tidak
pernah sekalipun tiba-tiba melayang di udara. Menurut Newton, apel yang jatuh
menuju pusat
bumi disebabkan oleh adanya
gaya tarik bumi yang nilainya jauh lebih besar daripada gaya tarik apel ke
bumi. Gaya tarik bumi yang sangat
besar mampu mempengaruhi
gerakan seluruh benda-benda yang ada di permukaan bumi.
-
Guru mengecek
prasyarat pengetahuan yang berkaitan dengan sifat kelembamam suatu benda
|
20 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data
dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu percobaan Sifat Kelembamam suatu Benda
-
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
-
Melakukan
percobaan Sifat Kelembamam suatu Benda
-
Peserta
didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS
-
Mengolah
dan menganalisis data percobaan dengan cara mendiskusikan hasil
pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan
- Presentasi hasil pengamatan
- Mendiskusikan tentang sifat kelembaman
suatu
benda dan mencocokan dengan konsep pada
buku sumber.
-
Membuat
kesimpulan tentang sifat kelembaman
suatu benda
-
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
40’
|
Penutup
|
-
Peserta
didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru membimbing
peserta didik untuk menarik kesimpulan.
“Hukum I Newton membahas
tentang kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaan gerak atau diamnnya
(inersia) atau
-
Guru
menugaskan peserta didik mempelajari materi yang berikutnya.
|
20’
|
Pertemuan Kelima
( 3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi
yang akan dibahas.
“Mengapa memindahkan meja
besar lebih cepat dilakukan bila dikerjakan oleh 2 orang daripada dilakukan 1
orang?”
-
Guru mengecek
prasyarat pengetahuan yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan yaitu percobaan hukum II Newton
|
20 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu percobaan Hukum II Newton
-
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
- Melakukan
percobaan Hukum II Newton
- Siswa mengamati
percobaan dan mencatat data
pengamatan
- Mengolah data hasil percobaan dan menyajikan
hubungan antara gaya, massa dan percepatan
benda
- Presentasi hasil pengamatan
-
Peserta didik secara berkelompok
mendiskusikan permasalahanpermasalahan yang ada pada poin ‘apa yang dapat
kamu diskusikan?’.
-
Peserta didik mendiskusikan penerapan hukum
II Newton dalam kehidupan sehari-hari.
-
Guru menyarankan kepada peserta didik
untuk mempelajari hukum II Newton.
-
Membuat kesimpulan tentang Hukum II Newton
- Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok
|
80’
|
Penutup
|
- Siswa dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran
- Guru membimbing peserta didik untuk menarik
kesimpulan.
“Hukum II Newton
menjalaskan tentang
percepatan gerak sebuah
benda berbanding lurus
dengan gaya yang
diberikan, namun berbanding
terbalik dengan massanya" atau:
-
Guru menugaskan peserta didik
mempelajari materi yang berikutnya.
|
20’
|
Pertemuan
Keenam ( 2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
-
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan “Bagaimana cara roket dapat meluncur
jauh ke angkasa?”
-
Guru mengecek
prasyarat pengetahuan yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan yaitu tentang Hukum II Newton
|
20 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu diskusi tentang Hukum III Newton
-
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
- Peserta didik secara
berkelompok melakukan
kegiatan diskusi pada kolom ‘Ayo Kita
Selesaikan’
mengikuti langkah-langkah yang ada di buku
siswa
- Peserta didik secara
berkelompok melakukan
kegiatan ‘Apa Kita Coba’.
- Peserta didik melakukan
diskusi dan mencatat
data hasil
diskusi
- Mengolah data hasil diskusi dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada LKS
- Presentasi hasil pengamatan
-
Peserta didik secara berkelompok
mendiskusikan gaya aksi – reaksi dan penerapan hukum III Newton dalam
kehidupan sehari-hari dan mencocokkan dengan konsep pada buku sumber
-
Membuat kesimpulan tentang Hukum III Newton
- Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok
|
40’
|
Penutup
|
- Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan
pembelajaran
- Guru membimbing peserta
didik untuk menarik
kesimpulan.
“Hukum
III Newton menjelaskan tentang gaya aksi-
reaksi pada dua benda.
Ketika benda pertama
mengerjakan gaya (F aksi) ke benda kedua, maka
benda kedua tersebut akan
memberikan gaya ( F
reaksi) yang sama besar ke
benda pertama namun
berlawanan arah atau (F
aksi = - F reaksi )
-
Guru menugaskan peserta didik belajar
menghadapi tes pada pertemuan
berikutnya.
|
20’
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar
pengamatan dan Rubrik
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes
penilaian kinerja percobaan
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian
|
2. Contoh Instrumen
a. Lembar
Pengamatan Sikap
Lembar Penilaian Sikap pada Kegiatan Praktikum
No
|
Nama
|
Disiplin
|
Teliti
|
Hati-hati
|
Kerja Sama
|
Rasa Ingin Tahu
|
Jumlah Skor
|
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
dst.
|
Lembar Penilaian Sikap pada
Kegiatan Diskusi
No
|
Nama
|
Proaktif
|
Santun
|
Toleran
|
Kerja sama
|
Jumlah Skor
|
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
dst.
|
Cara pengisian lembar
penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu :
Skor 1, jika
tidak pernah berperilaku dalam
kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3, jika
sering berperilaku dalam
kegiatan
Skor 4, jika selalu
berperilaku dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut :
Nilai Sikap pada kegiatan praktikum =
Nilai Sikap pada kegiatan Diskusi =
Predikat
|
Nilai
|
Sangat Baik ( SB)
Baik (B)
Cukup (C)
Kurang (K)
|
80 < AB < 100
70 < B < 79
60 < C 69
<60
|
b. Lembar Pengamatan Keterampilan/Praktikum
No
|
Nama
|
Persiapan
Percobaan
|
Pelaksanaan
Percobaan
|
Kegiatan
Akhir Percobaan
|
Jumlah
Skor
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
Rubrik
No
|
Keterampilan
yang diniai
|
Skor
|
Rubrik
|
1.
|
Persiapan percobaan (Menyiapkan alat/bahan)
|
30
|
-
Alat-alat yang diperlukan tersedia lengkap
dan siap pakai
-
Tabel pengamatan sudah tersedia
|
15
|
Ada 1 aspek yang tersedia
|
||
2.
|
Pelaksanaan percobaan
|
30
|
-
Melakukan percobaan sesuai dengan petunjuk
LKS
-
Mencatat data sesuai fakta yang diamati
|
15
|
Ada 1 aspek yang tersedia
|
||
3.
|
Kegiatan akhir percobaan
|
30
|
-
Menyelesaikan percobaan dengan tepat waktu
-
Membereskan alat-alat yang sudah dipakai
dengan baik
|
15
|
Ada 1 aspek yang tersedia
|
C. Pengamatan Pengetahuan
KUNCI JAWABAN
No
|
Pilihan
|
Skor
|
1 - 10
|
Benar Semua
|
1
|
Total
|
10
|
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
3
|
2
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
3
|
3
|
Jawaban a
Jawaban b
|
2
4
|
4
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
2
|
5
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
2
|
6
|
Jawaban a
Jawaban b
|
2
2
|
Total
|
20
|
NILAI
= ( JUMLAH SKOR A
X 2 ) + (JUMLAH SKOR B
X 4)
|
KEGIATAN 1
KEGIATAN 2
KEGIATAN 3
KEGIATAN 4
KEGIATAN
5
KEGIATAN 6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar