Entri Populer

Jumat, 19 September 2014

Program Kerja Laboratorium IPA SMP

PROGRAM KERJA LAB. IPA SMP PESANTREN NURUL AMANAH



PROGRAM KERJA
               LABORATORIUM IPA



  PESANTREN TERPADU NURUL AMANAH
                                          TASIKMALAYA
     TAHUN PELAJARAN 2013/2014
 


                 













Jl. RAYA TASIK-GARUT KM.31 RANCAK NEGLASARI SALAWU TASIKMALAYA 46471
TELP. (0265) 547520


 





KATA PENGANTAR


Dengan mengucap puji syukur kehadirat Illahi Rabbi, yang telah memberikan nikmat, taufik serta hidayahnya sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Program Kerja ini tepat pada waktunya.
Program Kerja ini disusun sebagai upaya untuk menertibkan administrasi laboratorium serta dipergunakan untuk pengajuan kebutuhan kelengkapan alat laboratorium pada tahun pembelajaran 2013/2014 pada khususnya dan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan pada umumnya.
Penyusunan program kerja ini dibuat dengan mengacu kepada kurikulum KTSP. Di dalamnya memuat penjelasan singkat untuk Tahun Pembelajaran, yaitu tentang :
1.     Pelaksanaan Kegiatan Laboratorium
2.     Rincian Tugas Pengelola Laboratorium
3.     Jadwal Kegiatan Laboratorium
4.     Data Inventaris dan Rincian Kebutuhan Kelengkapan Alat Laboratorium
Demiikian Program Kerja ini kami susun, dengan harapan dapat dijadikan pedoman bagi semua pihak yang terkait dalam kegiatan ini.



\                                                                                               Salawu,    Oktober  2013
                                                                                                               Penanggung Jawab,


                                                                                                                Yani Adhayanti S.P.
 










i
                                                            DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ...............................................................................................            ...         i                         
DAFTAR ISI .............................................................................................................            ...         ii

B A B  I           PENDAHULUAN  ...........................................................................            ...         1

1.1. Latar Belakang ........................................................................... ...         1
1.2. Maksud ..........................................................................................         1
1.3. Tujuan ............................................................................................         2
1.4. Ruang lingkup ...............................................................................          2

B A B   II        STRUKTUR ORGANISASI ..............................................................          3

B A B   III       RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN ...................................        4

B A B   IV       JADWAL  KEGIATAN HARIAN LABORATORIUM ......................        7

B A B   V        PENUTUP ...........................................................................................          8

LAMPIRAN
                        Data inventaris laboratorium ..............................................................            9

                        Tata Tertib Laboratorium ...................................................................            11

 


 

 

 

 

 








ii

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.           Latar Belakang
Pada Wikipedia, Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran  ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan  dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali.
Dalam konteks pendidikan di sekolah laboratorium mempunyai  fungsi sebagai tempat proses pembelajaran dengan metoda praktikum yang dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa untuk berinteraksi dengan alat dan bahan serta mengobservasi berbagai gejala secara langsung.  Kegiatan laboratorium/praktikum akan memberikan peran yang sangat besar  terutama dalam:
1. membangun pemahaman konsep;
2. verifikasi (pembuktian) kebenaran konsep;
3. menumbuhkan keterampilan proses (keterampilan dasar bekerja ilmiah) serta 
    afektif siswa;
4. menumbuhkan “rasa suka” dan motivasi terhadap pelajaran yang dipelajari;
5. melatih kemampuan psikomotor.
Selain itu salah satu fungsi pengajaran Sains adalah melatih siswa untuk menggunakan metode ilmiah dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Melalui kegiatan laboratorium juga ketrampilan proses sebagai salah satu pendekatan mengajar dapat dioperasikan secara maksimal.
Agar pelaksanaan kegiatan laboratorium tersebut sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, diperlukan suatu petunjuk pelaksanaan dan bentuk Program Kerja Laboratorium yang memuat penjelasan mengenai pengorganisasian dan cara kerja kegiatan laboratorium di Pesantren Terpadu Nurul Amanah.
1.2.           Maksud
Maksud dari penyusunan program laboratorium ini adalah agar dapat dipergunakan sebagai acuan atau pegangan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan laboratorium, baik kegiatan harian, bulanan maupun tahunan.
1
1.3.           Tujuan
      Tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah :
1.         Bagi pengelola Laboratorium ataupun Laboran, dapat meningkatkan kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengelolaan serta pendayagunaan laboratorium dan peralatannya secara maksimal.
2.         Bagi Guru, dapat meningkatkan ketrampilan proses sebagai suatu pendekatan mengajar dan dapat dioperasikan secara maksimal.
3.         Bagi Siswa, dapat meningkatkan pengetahuan Sains, baik Biologi, Fisika Maupun Kimia, melalui suatu proses yang melibatkan penalaran rasional dan kegiatan eksperimen.
1.4.           Ruang Lingkup
            Ruang lingkup kegiatan laboratorium meliputi :
1.      Penyusunan Program Laboratorium
2.      Perencanaan Pengadaan Alat dan Bahan Laboratorium
3.      Penginventarisasian Alat dan Bahan Laboratorium
4.      Pengadministrasian Peminjaman Alat dan Bahan Laboratorium
5.      Pembagian Tugas Pemeliharaan Kebersihan Laboratorium
6.      Penyusunan Jadwal Penggunaan Laboratorium
7.      Pelaporan










2
BAB II
STRUKTUR ORGANISASI


Pengorganisasian atau pengelolaan laboratorium dapat diartikan sebagai pelaksanaan dalam pengadministrasian, perawatan, pengamanan, serta perencanaan untuk pengembangan secara  efektif dan efisien.  Sesuai dengan fungsi laboratorium sekolah,  sebagai salah satu fasilitas  penunjang proses pembelajaran, maka kedudukan laboratorium dalam organisasi pesantren berada di bawah koordinasi penanggungjawab laboratorium IPA dengan penugasan dari Pimpinan Pesantren.
            Penanggungjawab laboratorium  bertugas menyusun tata tertib laboratorium,  program kerja laboratorium,  dan  jadwal  pelaksanaan kegiatan  praktikum, melakukan  inventarisasi dan adminitrasi alat, bahan, dan fasilitas;  bertanggung jawab terhadap keamanan, keselamatan, kebersihan dan keindahan lab; bertanggung jawab terhadap perawatan sarana dan prasarana;  menyusun dan mengajukan kebutuhan alat dan bahan; serta menciptakan suasana akademik laboratorium yang nyaman dan kondusif sehingga menjamin keselamatan kerja di laboratorium.
















3
BAB III
RENCANA KEGIATAN  DAN ANGGARAN


NO
URAIAN

JUMLAH ANGGARAN (Rp)

KETERANGAN
1
Pembuatan program kerja
          50.000,-

2
Pengadaan ATK
        100.000,

3
Pengadaan alat-alat kebersihan
        100.000,-

4
Renovasi atap bocor

Koordinasi dengan bag. sarpras
5
Perbaikan wastafel

Koordinasi dengan bag. sarpras
6
Pengadaan meja dan kursi guru

Koordinasi dengan bag. sarpras
7
Pengadaan meja dan kursi siswa

Koordinasi dengan bag. sarpras
8
Pengadaan papan white board

Koordinasi dengan bag. sarpras
9
Pengadaan lemari penyimpanan alat kebersihan

Koordinasi dengan bag. sarpras
10
Perbaikan lemari Lab.

Koordinasi dengan bag. sarpras
11
Pengadaan alat praktikum dan bahan praktikum
   26.782.000,-
Data terlampir
12
Pengadaan bahan praktikum habis pakai
     1.500.000,-

13
Pemeliharaan dan perbaikan peralatan lab.
        500.000,-

14
Pelatihan Kepala Laboratorium
     1.500.000,-

JUMLAH
Rp 30.532.000,-




4







                                                                               
BAB IV

JADWAL  KEGIATAN HARIAN LABORATORIUM


WAKTU
HARI
KE
PUKUL
SENIN
SELASA
RABU
KAMIS
JUMAT
SABTU
KELAS
MAPEL
KELAS
MAPEL
KELAS
MAPEL
KELAS
MAPEL
KELAS
MAPEL
KELAS
MAPEL
1
07.20-08.00
-

11A
FISIKA
10B
BIOLOGI
12B
BIOLOGI
12B
FISIKA


2
08.00-08.40
10A
FISIKA
7A
IPA
10B
BIOLOGI
7A
IPA
12B
FISIKA


3
08.40-09.20
8B
IPA
7A
IPA
8B
IPA
9B
IPA
12A
FISIKA
11A
FISIKA
4
09.40-10.20
9A
IPA
11A
BIOLOGI
8B
IPA
10C
FISIKA
12A
FISIKA
11A
FISIKA
5
10.20-11.00
11B
BIOLOGI
11A
BIOLOGI
7B
IPA
11B
FISIKA


11B
BIOLOGI
6
11.00-11.40
11B
BIOLOGI
7B
IPA
7B
IPA
11B
FISIKA


11B
BIOLOGI
7
13.00-13.40
8A
IPA
10A
BIOLOGI
9A
IPA
11A
KIMIA


10C
KIMIA
8
13.40-14.20
11B
KIMIA
10B
FISIKA
9A
IPA
11A
KIMIA


10C
KIMIA
9
14.20-15.00
11B
KIMIA
10B
FISIKA









                                                                                                                                                                                                                                                                       


7

                                                                                               
















BAB V

PENUTUP


            Program kerja laboratorium tahunan ini telah kami susun dengan harapan  dapat menunjang kegiatan pendidikan di Pesantren Terpadu Nurul Amanah, Rancak – Salawu – Tasikmalaya.
            Program kerja tahunan ini merupakan  pedoman bagi kami dalam melaksanakan kegiatan di laboratorium, dengan tujuan agar kegiatan praktikum IPA dapat terlaksana dengan baik, sehingga siswa dapat memberdayakan keberadaan laboratorium sebagai sarana penunjang proses belajar mengajar, serta menumbuhkembangkan minat dan keingintahuan siswa  dalam memecahkan masalah melalui penelitian.
            Kami telah menyadari perlunya usul atau saran dalam usaha pengembangan kegiatan laboratorium.
            Kepada semua pihak  yang telah memberikan dorongan, sumbangan atau bantuan berupa fikiran, alat dan bahan, serta tenaga dalam rangka penyusunan program kerja ini, kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, semoga semua amal baik dari semua pihak mendapat imbalan yang setimpal dari Alloh SWT, Amiin.












8

Lampiran 1.                                                              
Data Inventaris Laboratorium IPA

No
PERALATAN  DAN BAHAN
Jumlah
Kondisi
1
Mikrometer sekrup 0-250 mm
10
Baik
2
Termometer tubuh digital
2
Baik
3
Jangka sorong
10
Baik
4
Termometer max & min
1
Rusak
5
Alas bejana berhubungan
20
Sedang
6
Alas statip persegi
1
Sedang
7
Neraca pegas 0-10 N
14
Baik
8
Neraca pegas  0-5 N
14
Baik
9
Katrol satu roda
20
Baik
10
Katrol dua roda
8
Baik
11
Solar system planet
1
Rusak
12
Model bumi dan bulan
1
Rusak
13
Higrometer 700
15
Baik
14
Higrometer 1000
14
Baik
15
Batang statip
8
sedang
16
Sambungan statip pendek
6
Sedang
17
Sambungan statip sedang
10
Baik
18
Neraca mekanik 2610  gr
1
Sedang
19
Neraca mekanik 311 gr
1
Sedang
20
Beban 5 gr
13
Baik
21
Beban 10 gr
29
Baik
22
Beban 20 gr
44
Baik
23
Beban   50 gr
66
Baik
24
Beban 100 gr
29
Baik
25
Alat Hartl pengukur tekanan suara
13
Rusak
26
Alat Hartl pengukur tekanan zat cair
15
Rusak
27
Bejana berhubungan (kapilaritas)
14
Baik
28
Bejana berhubungan beda bentuk
15
Baik
29
Bejana berhubungan bentuk U
15
Baik
30
Pipa kapilaritas
12
Baik
31
Ticker timer
1
Rusak
32
Kereta dinamika
2
Rusak
33
Barometer Anexroid
1
Rusak
34
Muschenbrook
1
Rusak
35
Termometer -10 s/d 100 °C
26
Baik
36
Termometer 0 s/d 200°C
29
Baik
37
Lup kecil
4
Baik
38
Kaki tiga
15
Baik
39
Kasa asbes
12
Baik
40
Magnet batang kecil
2
Baik
41
Magnet batang besar
1
Baik
42
Magnet ladam (U)
1
Baik
43
Penggaris besi
2
Baik
44
Bandul bola kasti
1
Baik
45
Bola plastic kecil
1 pak
Baik
46
Gelas piala    250 ml
9
Baik




47
Gelas piala 600 ml
8
Baik
48
Gelas piala 1000 ml
15
Baik
49
Gelas piala plastik 100 ml
11
Baik
50
Gelas piala plastik   250 ml
13
Baik
51
Labu Erlenmeyer 250 ml
10
Baik
52
Labu Erlenmeyer 500 ml
10
Baik
53
Pengaduk gelas
5
Baik
54
Tabung reaksi
48
Baik
55
Tabung reaksi besar
46
Baik
56
Rak tabung reaksi besar
10
Baik
57
Rak tabung reaksi kecil
15
Baik
58
kuadrat
12
Baik
59
Sikat tabung reaksi
1
Rusak
60
Sikat botol besar
3
Baik
61
Pipet kecil
50
Sedang
62
Gelas ukur pancuran
1
Baik
63
Gelas ukur 500 ml
15
Baik
64
Corong gelas kecil
5
Baik




65
Mortal dan Alu
10 Pasang
Baik
66
Cawan petri
18
Baik
67
Tabung reaksi bercuping
14
Baik
68
Jaring serangga kecil
4
Rusak
69
Jaring serangga besar
1
Rusak
70
Lampu spiritus
3
Baik
71
Koleksi batuan sedimen
1
Tidak lengkap
72
Koleksi batuan beku
1
Tidak lengkap
73
Koleksi batuan mineral
1
Tidak lengkap
74
Mikroskop
15
10 Sedang, 5 Rusak
75
Rangka manusia
1
Baik
76
Model torso laki-laki
1
Baik
77
Model kulit
1
Rusak
78
Model tulang
1
Rusak
79
Model batang dikotil
1
Rusak
80
Preparat mikroskop jadi
3 set
1 Baik, 2 Rusak
81
Molymood
8
Sedang
82
Gelas obyek
1 pak & 20 bh
Baik
83
Gelas penutup
1 pak
Baik
84
Alat bedah hewan
2 set
Baik
85
Sarung tangan karet
1 pak
Baik
86
Test paper pH indikator
1 pak
Baik
87
Kancing Genetika
1 set
Baik
88
Alkohol
1 lt
Baik
89
Spiritus
1 lt
Baik
90
Biuret
1 lt
Baik
91
Fehling A
1 lt
Baik
92
Fehling B
1 lt
Baik
93
Benedict
1 lt
Baik
94
Kertas saring
1 lembar
Baik
95
Aquades
20 lt
Baik
96
Tissue
3 rol
Baik
97
Alat pemadam kebakaran
1
Sedang
98
Pengukur suhu dan kelembaban ruangan
1
Rusak
99
Lemari Alat
1 set
Sedang
100
Lemari kaca
1 set
Sedang

10
Lampiran 2.

TATA TERTIB LABORATORIUM IPA

 BAGI GURU

1.      Berilah penjelasan kepada siswa sehingga siswa mau  menghayati tata tertib laboratorium bagi  siswa .
2.      Awasilah siswa yang sedang melaksanakan kegiatan  Lab
3.      Siapkanlah alat dan bahan yang akan dipakai untuk kegiatan
4.      Berikanlah penjelasan setiap alat yang masih asing, mudah rusak, dan bahan berbahaya bagi siswa. 
5.      Mengatur suasana kegiatan dalam lab. IPA dinamis, tidak gaduh, dan tertib
6.      Usahakan agar laboratorium digunakan sesuai dengan  jadwal, dan seefisien mungkin
7.      Menuliskan catatan penting tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan pada buku kegiatan harian lab. yang tersedia
8.      Guru bertanggung jawab atas:
       a. kerapihan dan  kebersihan kembali alat, bahan dan  ruangan Lab.
       b. Terkuncinya kembali lemari alat, jendela ruangan dan pintu lab.

BAGI SISWA
1.   Memasuki laboratorium IPA harus seijin dan dibawah   pengawasan guru
2.   Hanya melalukan percobaan atau kegiatan yang disetujui guru.
3.   Alat dan bahan hanya digunakan di Laboratorium, dan  mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada.
4.   Periksa sebelum bekerja apakah alat dan bahan telah  tersedia.
5.   Laporkan segera bila ada alat yang rusak atau hilang, bahan yang habis, dan kecelakaan dan atau  
      hal yang dapat menimbulkan kecelakaan.
6.   Bacalah etiket pada botol bahan sebelum mengambilnya. 
7.   Etiket yang hilang atau rusak harus segera dilaporkan  agar segera diganti.
8.   Jangan mancoba mencicipi bahan kimia, Anggaplah itu  semua beracun bagi mata, kulit, mulut,          atau tubuh kita.
11
9.   Muntahkanlah segera bila ada zat yang yang masuk dalam   mulut, lalu berkumur dengan air  
       yang banyak.
10. Cuci dengan air sebanyak-banyaknya bila bagian tubuh  atau baju kita terkena asam atau basa.
11. Tutup botol jangan sampai tertukar dengan tutup botol yang lain.
12. Kembalikan alat alat ketempat semula dalam keadaan bersih.
 13. Buanglah sampah ditempat pembuangan sampah.
14. Jangan membawa alat atau bahan keluar laboratorium.
 15. Pembakar hanya dinyalakan bila diperlukan saja.
16. Hati-hati dengan api, matikan gas dan listrik bila meninggalkan laboratorium.
17. Bacalah pengumuman –pengumuman yang ada dan taati  peraturan.
18. Setiap kegiatan, baik percobaan maupun yang lain selalu diakhiri dengan :
      a. Membersihkan tempat, alat-alat yang digunakan, mengecek dan mengembalikan, ketempat  
          semestinya.
      b. Mengembalikan botol zat ketempatnya.
      c. Mematikan kran air,gas dan listrik.
      d. Mengelap dan mengeringkan meja serta bangku.
      e. Menyerahkan hasil kegiatan atau laporan kepada guru  pembimbing.
      f. Mengunci kembali lemari alat dan jendela ruangan










12



                                                                       

























                                                                                                                                     
                                                                                                                                               


10


Tidak ada komentar:

Posting Komentar