Entri Populer

Sabtu, 20 September 2014

Format Supervisi Pendidikan

FORMAT SUPERVISI PENDIDIKAN
SUPERVISI ADMINISTRASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                                      :    SMP NURUL AMANAH
Nama Guru                                           :    ........................................
Mata Pelajaran                                      :    .........................................
Semester / Tahun Pelajaran                   :    .........................................
Pelaksanaan Supervisi                          :    .........................................

No.
Komponen Administrsi Pembelajaran
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan
Ya
Tidak
4
3
2
1
Kesesuaian
1
Program Tahunan
4 = Baik Sekali
2
Program Semester
3 = Baik
3
Silabus
2 = Cukup
4
RPP
1 = Kurang
5
Kalender Pendidikan
6
Jadwal Tatap Muka
7
Agenda Harian / RH
8
Absensi Siswa
9
Daftar Nilai
10
KKM
11
Rancangan Penilaian
12
Instrumen Penilaian
Jumlah Skor

Keterangan      :           Nilai Akhir =   Skor Perolehan            x 100%
SkorMaksimal (48)
NILAI AKHIR

                           
                           





Ketercapaian       :    86% - 100 %        =   Baik Sekali
                                 70% - 85%           =   Baik
                                 55% - 69%           =   Cukup
                                 Dibawah 55%      =   Kurang


TINDAK LANJUT :
 

     Kepala Sekolah





    Mamad Muhammad, S.Pd
    NIP.197007052005011013
Salawu, ……...………..2012
    
     Guru  Mata Pelajaran,





     ............................................
SUPERVISI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( Berdasarkan Standar Proses )


Nama Sekolah                                      :    SMP NURUL AMANAH
Nama Guru                                           :    ...........................................
Mata Pelajaran                                      :    ..........................................
Semester / Tahun Pelajaran                   :    ..........................................
Pelaksanaan Supervisi                          :    ...........................................

No.
Aspek yang dinilai
Kondisi
Skor Nilai
Ket
Ya
Tidak
5
4
3
2
1
0
1.
·   Perumusan Tujuan Pembelajaran

·   Menggambarkan proses Pembelajaran yang mengandung unsure PAIKEM
·   Menggambarkan hasil belajar yang diharapkan
·   Menggambarkan hasil belajar yang terukur
·   Menggambarkan Proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar
·   Menggambarkan hasil belajar yang relevan dengan kompetensi dasar
2.
·   Pemilihan dan Penetapan materi ajar
·   Materi Ajar merujuk pada Kompetensi dasar
·   Materi Ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan dengan kompetensi dasar
·   Materi ajar ditulis dalam bentuk butir-butir yang sesuai dengan perumusan indicator pencapaian kompetensi dasar.
·   Materi ajar ditulis relevan dengan usia perkembangan peserta didik
·   Materi ajar ditulis relevan dengan perkembangan pendekatan PAIKEM
3.
·   Pengorganisasian Materi Ajar
·   Ditulis secara sistematis mulai dari yang mudah ke yang sulit atau sebaliknya
·   Bobot tiap-tiap materi ajar sesuai dengan alokasi waktu
·   Secara keseluruhan materi ajar sesuai dengan alokasi waktu untuk rumusan indicator pencapaian kompetensi dasar
·   Materi ajar ditulis untuk memungkinkan peserta didik melakukan eksplorasi
·   Materi ajar ditulis untuk memungkinkan peserta didik melakukan elaborasi dan konfirmasi



No.
Aspek yang dinilai
Kondisi
Skor Nilai
Ket
Ya
Tidak
5
4
3
2
1
0
4.
·   Pemilihan Sumber/ Media Pembelajaran

·   Sumber/ media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
·   Sumber/ media pembelajaran sesuai dengan materi ajar
·   Sumber/ media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik
·   Sumber/ media pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran
·   Sumber/ media pembelajaran mampu mengakomodir/ mengcover seluruh peserta didik dalam kelasnya
5.
·   Kejelasan dan Rincian Skenario Pembelajaran
·   Merincikan kegiatan pendahuluan yang ditujukan untuk memotivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
·   Rumusan Proses pembelaaran eksplorasi sesuai dengan metode yang ditetapkan
·   Rumusan proses pembelajaran elaborasi sesuai metode yang ditetapkan
·   Rumusan pembelajaran konfirmasi sesuai dengan metode yang ditetapkan
·   Merincikan kegiatan penutup yang ditujukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran
6.
·   Pemilihan teknik dan perumusan penilaian hasil belajar
·   Teknik Penilaian relevan dengan pen-capaian indicator kompetensi dasar
·   Rumusan Penilaian belajar relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan
·   Rumusan penilaian memenuhi persyaratan substansi (mempresentasikan KD yang dinilai)
·   Rumusan penilaian memenuhi persyaratan konstruksi (teknis sesuai bentuk instru-ment)
·   Rumusan Penilaian memenuhi persyaratan bahasa (baik,benar dan komunikatif)
7.
·   Kegiatan, Instrumen Penialaian
·   Ada Instrumen penilaian proses
·   Ada soal-soal tes hasil belajar
·   Ada kunci jawaban untuk tes hasil belajar
·   Ada pedoman penskoran untuk penilaian proses
·   Ada prosedur, pedoman penilaian atau criteria keberhasilan
Jumlah Skor


Keterangan      :           Nilai Akhir =   Skor Perolehan            x 100%
SkorMaksimal (48)

NILAI AKHIR

                           

                           





Ketercapaian       :    86% - 100 %        =   Baik Sekali
                                 70% - 85%           =   Baik
                                 55% - 69%           =   Cukup
                                 Dibawah 55%      =   Kurang


TINDAK LANJUT :
 

     Kepala Sekolah





    Mamad Muhammad, S.Pd
    NIP.197007052005011013
Salawu, ……...………..2012
    
     Guru  Mata Pelajaran,





     ............................................
























SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
( Sesuai dengan Standar Proses )


Nama Sekolah                                      :    SMP NURUL AMANAH
Nama Guru                                           :    ...........................................
Mata Pelajaran                                      :    ..........................................
Semester / Tahun Pelajaran                   :    ..........................................
Pelaksanaan Supervisi                          :    ...........................................


No.
Komponen Administrasi Pembelajaran
Kondisi
Skor Nilai
Ket.
Ya
Tidak
4
3
2
1
1.
Kegiatan Pendahuluan

4= Baik  
     Sekali
a.  Menyiapkan peserta didik
3= Baik
b.  Melakukan Apersepsi
2= Cukup
c.  Menjelaskan KD dan Tujuan yang ingin dicapai
1= Kurang
d.  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai Silabus/ Kesiapan bahan ajar
e.   Penampilan Guru
2.
Kegiatan Inti Pembelajaran
a.        a. Eksplorasi
1.       Melibatkan siswa dalam mencari informasi dan   
2.       belajar dari aneka sumber dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru
3.       Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
4.       media pembelajaran dan sumber belajar lainya
3.    Memfasilitasi terjadinya interaksi antara siswa serta
     siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar   
     lainya
5.       Melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai
6.       kegiatan pembelajaran
5.   Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan
b.    b.  Elaborasi
1.      Membiaskan siswa membaca dan menulis bergam  
2.      melalui tugas tertentu yang bermakna
3.      Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas,  
4.      diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulis

3.    Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis,  
     menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa ada rasa takut
4.   Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
5.   Memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
6.   Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
7.   Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
8.   Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
9.    Memfsilitasi siswa peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
c.    Konfirmasi
1.   Memberikan umpan balikpositif dan Penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
2.    Memberikan informasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3.    Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
4.    Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa baku dan benar
5.   Membantu menyelesaikan masalah dalam pengecekan hasil eksplorasi
6.    Member informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
7.   Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
3
Penutup
a.     Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran
b.    Melakukan penilaian dan/ atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
c.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling dan/ atau memberikan penugasan terstruktur (PT) dan atau kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT) baik tugas individual mapun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
e.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Jumlah Skor

Keterangan      :          
Nilai Akhir =   Skor Perolehan  x 100%
                         SkorMaksimal (48)
NILAI AKHIR


Ketercapaian       :    86% - 100 %        =   Baik Sekali
                                 70% - 85%           =   Baik
                                 55% - 69%           =   Cukup
                                 Dibawah 55%      =   Kurang

TINDAK LANJUT :
 
     Kepala Sekolah


    Mamad Muhammad, S.Pd
    NIP.197007052005011013
Salawu, ……...………..2012
     Guru  Mata Pelajaran,



...........................................


SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
( Berdasarkan Standar Proses )

Nama Sekolah                                      :    SMP NURUL AMANAH
Nama Guru                                           :    ...........................................
Mata Pelajaran                                      :    ..........................................
Semester / Tahun Pelajaran                   :    ..........................................
Pelaksanaan Supervisi                          :    ...........................................

No.
Komponen Penilaian Pembelajaran
Kondisi
Skor Nilai
Ket.
Ya
Tidak
4
3
2
1
1
Ada buku nilai/ daftar nilai
4= Baik Sekali
2
Melakukan tes (Penilaian KOgnitif) Ulangan Harian, Tengah Semester, UAS / UKK
3= Baik
3
Penugasan Terstruktur (PT)
2= Cukup
4
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
1= Kurang
5
Melaksanakan Penilaian Keterampilan ( Psikomotorik)
6
Melaksanakan penilaian afektif akhlak mulia
7
Melaksanakan penilaian afektif kepribadian
8
Program dan pelaksanaan remedial
9
Analisis hasil penilaian/ Ulangan
10
Bank Soal / Instrumen Test

Keterangan      :          
Nilai Akhir =   Skor Perolehan  x 100%
                         SkorMaksimal (48)
NILAI AKHIR


Ketercapaian       :    86% - 100 %        =   Baik Sekali
                                 70% - 85%           =   Baik
                                 55% - 69%           =   Cukup
                                 Dibawah 55%      =   Kurang

TINDAK LANJUT :
 
     Kepala Sekolah




    Mamad Muhammad, S.Pd
    NIP.197007052005011013
Salawu, ……...………..2012
     Guru  Mata Pelajaran,




...........................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar