SUPERVISI ADMINISTRASI
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP NURUL AMANAH
Nama Guru : ........................................
Mata Pelajaran :
.........................................
Semester / Tahun Pelajaran :
.........................................
Pelaksanaan Supervisi : .........................................
No.
|
Komponen Administrsi
Pembelajaran
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kesesuaian
|
||
1
|
Program Tahunan
|
4 = Baik Sekali
|
||||||
2
|
Program Semester
|
3 = Baik
|
||||||
3
|
Silabus
|
2 = Cukup
|
||||||
4
|
RPP
|
1 = Kurang
|
||||||
5
|
Kalender Pendidikan
|
|||||||
6
|
Jadwal Tatap Muka
|
|||||||
7
|
Agenda Harian / RH
|
|||||||
8
|
Absensi Siswa
|
|||||||
9
|
Daftar Nilai
|
|||||||
10
|
KKM
|
|||||||
11
|
Rancangan Penilaian
|
|||||||
12
|
Instrumen Penilaian
|
|||||||
Jumlah Skor
|
Keterangan : Nilai Akhir = Skor Perolehan x
100%
SkorMaksimal
(48)
NILAI AKHIR
|
|||
Ketercapaian
: 86%
- 100 % = Baik Sekali
70% - 85% = Baik
55% - 69% = Cukup
Dibawah 55% = Kurang
TINDAK
LANJUT :
|
Kepala Sekolah
Mamad Muhammad, S.Pd
NIP.197007052005011013
|
Salawu, ……...………..2012
Guru Mata Pelajaran,
............................................
|
SUPERVISI RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( Berdasarkan Standar Proses )
Nama Sekolah : SMP NURUL AMANAH
Nama Guru : ...........................................
Mata Pelajaran :
..........................................
Semester / Tahun Pelajaran :
..........................................
Pelaksanaan Supervisi : ...........................................
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Ket
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|||
1.
|
·
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
|
||||||||
·
Menggambarkan proses Pembelajaran
yang mengandung unsure PAIKEM
·
Menggambarkan hasil belajar
yang diharapkan
·
Menggambarkan hasil belajar
yang terukur
·
Menggambarkan Proses
pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar
·
Menggambarkan hasil belajar
yang relevan dengan kompetensi dasar
|
||||||||||
2.
|
·
Pemilihan dan Penetapan
materi ajar
|
|||||||||
·
Materi Ajar merujuk pada
Kompetensi dasar
·
Materi Ajar memuat fakta,
konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan dengan kompetensi dasar
·
Materi ajar ditulis dalam
bentuk butir-butir yang sesuai dengan perumusan indicator pencapaian
kompetensi dasar.
·
Materi ajar ditulis relevan
dengan usia perkembangan peserta didik
·
Materi ajar ditulis relevan
dengan perkembangan pendekatan PAIKEM
|
||||||||||
3.
|
·
Pengorganisasian Materi Ajar
|
|||||||||
·
Ditulis secara sistematis
mulai dari yang mudah ke yang sulit atau sebaliknya
·
Bobot tiap-tiap materi ajar
sesuai dengan alokasi waktu
·
Secara keseluruhan materi
ajar sesuai dengan alokasi waktu untuk rumusan indicator pencapaian kompetensi
dasar
·
Materi ajar ditulis untuk
memungkinkan peserta didik melakukan eksplorasi
·
Materi ajar ditulis untuk
memungkinkan peserta didik melakukan elaborasi dan konfirmasi
|
||||||||||
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Ket
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|||
4.
|
·
Pemilihan Sumber/ Media
Pembelajaran
|
|
||||||||
·
Sumber/ media pembelajaran
sesuai dengan tujuan pembelajaran
·
Sumber/ media pembelajaran
sesuai dengan materi ajar
·
Sumber/ media pembelajaran
sesuai dengan karakteristik peserta didik
·
Sumber/ media pembelajaran
dapat digunakan dalam proses pembelajaran
·
Sumber/ media pembelajaran
mampu mengakomodir/ mengcover seluruh peserta didik dalam kelasnya
|
||||||||||
5.
|
·
Kejelasan dan Rincian
Skenario Pembelajaran
|
|||||||||
·
Merincikan kegiatan
pendahuluan yang ditujukan untuk memotivasi dan memfokuskan perhatian peserta
didik untuk mengikuti proses pembelajaran
·
Rumusan Proses pembelaaran
eksplorasi sesuai dengan metode yang ditetapkan
·
Rumusan proses pembelajaran
elaborasi sesuai metode yang ditetapkan
·
Rumusan pembelajaran
konfirmasi sesuai dengan metode yang ditetapkan
·
Merincikan kegiatan penutup
yang ditujukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran
|
||||||||||
6.
|
·
Pemilihan teknik dan
perumusan penilaian hasil belajar
|
|||||||||
·
Teknik Penilaian relevan
dengan pen-capaian indicator kompetensi
dasar
·
Rumusan Penilaian belajar
relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan
·
Rumusan penilaian memenuhi
persyaratan substansi (mempresentasikan KD yang dinilai)
·
Rumusan penilaian memenuhi persyaratan
konstruksi (teknis sesuai bentuk instru-ment)
·
Rumusan Penilaian memenuhi
persyaratan bahasa (baik,benar dan komunikatif)
|
||||||||||
7.
|
·
Kegiatan, Instrumen
Penialaian
·
Ada Instrumen penilaian
proses
·
Ada soal-soal tes hasil
belajar
·
Ada kunci jawaban untuk tes
hasil belajar
·
Ada pedoman penskoran untuk
penilaian proses
·
Ada prosedur, pedoman
penilaian atau criteria keberhasilan
|
|||||||||
Jumlah Skor
|
Keterangan : Nilai Akhir = Skor Perolehan x
100%
SkorMaksimal
(48)
NILAI AKHIR
|
|||
Ketercapaian
: 86%
- 100 % = Baik Sekali
70% - 85% = Baik
55% - 69% = Cukup
Dibawah 55% = Kurang
TINDAK
LANJUT :
|
Kepala Sekolah
Mamad Muhammad, S.Pd
NIP.197007052005011013
|
Salawu, ……...………..2012
Guru Mata Pelajaran,
............................................
|
SUPERVISI KEGIATAN
PEMBELAJARAN
( Sesuai dengan Standar Proses )
Nama Sekolah : SMP NURUL AMANAH
Nama Guru : ...........................................
Mata Pelajaran :
..........................................
Semester / Tahun Pelajaran :
..........................................
Pelaksanaan Supervisi : ...........................................
No.
|
Komponen Administrasi Pembelajaran
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Ket.
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
4= Baik
Sekali
|
|||||
a. Menyiapkan peserta didik
|
3= Baik
|
|||||||
b. Melakukan Apersepsi
|
2= Cukup
|
|||||||
c. Menjelaskan KD dan Tujuan
yang ingin dicapai
|
1= Kurang
|
|||||||
d. Menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai Silabus/
Kesiapan bahan ajar
|
||||||||
e.
Penampilan
Guru
|
||||||||
2.
|
Kegiatan Inti Pembelajaran
|
|||||||
a.
a. Eksplorasi
|
||||||||
1. Melibatkan
siswa dalam mencari informasi dan
2.
belajar dari aneka sumber
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru
|
||||||||
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran,
4.
media pembelajaran dan
sumber belajar lainya
|
||||||||
3.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antara siswa serta
siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar
lainya
|
||||||||
5. Melibatkan
siswa secara aktif dalam berbagai
6.
kegiatan pembelajaran
|
||||||||
5. Memfasilitasi siswa
melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan
|
||||||||
b. b. Elaborasi
|
||||||||
1. Membiaskan
siswa membaca dan menulis bergam
2.
melalui tugas tertentu yang
bermakna
|
||||||||
3. Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas,
4.
diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulis
|
||||||||
|
3.
Memberi
kesempatan untuk berfikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa ada rasa takut
|
|||||||
4. Memfasilitasi siswa dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
|
||||||||
5. Memfasilitasi siswa
berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
||||||||
6. Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
|
||||||||
|
7. Memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
|
|||||||
8. Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
|
||||||||
9.
Memfsilitasi
siswa peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik
|
||||||||
c.
Konfirmasi
|
||||||||
1. Memberikan umpan
balikpositif dan Penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
|
||||||||
2.
Memberikan
informasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber
|
||||||||
3.
Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan.
|
||||||||
4.
Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik
yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa baku dan benar
|
||||||||
5. Membantu menyelesaikan
masalah dalam pengecekan hasil eksplorasi
|
||||||||
6.
Member
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
|
||||||||
7. Memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
|
||||||||
3
|
Penutup
|
|||||||
a.
Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran
|
||||||||
b. Melakukan penilaian dan/
atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram
|
||||||||
c. Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
|
||||||||
d. Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling
dan/ atau memberikan penugasan terstruktur (PT) dan atau kegiatan mandiri
tidak terstruktur (KMTT) baik tugas individual mapun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik
|
||||||||
e. Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
||||||||
Jumlah Skor
|
Keterangan :
Nilai
Akhir = Skor Perolehan x 100%
SkorMaksimal
(48)
|
NILAI AKHIR
|
||
Ketercapaian
: 86%
- 100 % = Baik Sekali
70% - 85% = Baik
55% - 69% = Cukup
Dibawah 55% = Kurang
TINDAK
LANJUT :
|
Kepala Sekolah
Mamad Muhammad, S.Pd
NIP.197007052005011013
|
Salawu, ……...………..2012
Guru Mata Pelajaran,
...........................................
|
SUPERVISI KEGIATAN
PEMBELAJARAN
( Berdasarkan Standar Proses )
Nama Sekolah : SMP NURUL AMANAH
Nama Guru : ...........................................
Mata Pelajaran :
..........................................
Semester / Tahun Pelajaran :
..........................................
Pelaksanaan Supervisi : ...........................................
No.
|
Komponen Penilaian Pembelajaran
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Ket.
|
||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Ada buku nilai/ daftar nilai
|
4= Baik
Sekali
|
||||||
2
|
Melakukan tes (Penilaian
KOgnitif) Ulangan Harian, Tengah Semester, UAS / UKK
|
3= Baik
|
||||||
3
|
Penugasan Terstruktur (PT)
|
2= Cukup
|
||||||
4
|
Kegiatan Mandiri Tidak
Terstruktur (KMTT)
|
1= Kurang
|
||||||
5
|
Melaksanakan Penilaian
Keterampilan ( Psikomotorik)
|
|||||||
6
|
Melaksanakan penilaian
afektif akhlak mulia
|
|||||||
7
|
Melaksanakan penilaian
afektif kepribadian
|
|||||||
8
|
Program dan pelaksanaan
remedial
|
|||||||
9
|
Analisis hasil penilaian/ Ulangan
|
|||||||
10
|
Bank Soal / Instrumen Test
|
Keterangan :
Nilai
Akhir = Skor Perolehan x 100%
SkorMaksimal
(48)
|
NILAI AKHIR
|
||
Ketercapaian
: 86%
- 100 % = Baik Sekali
70% - 85% = Baik
55% - 69% = Cukup
Dibawah 55% = Kurang
TINDAK
LANJUT :
|
Kepala Sekolah
Mamad Muhammad, S.Pd
NIP.197007052005011013
|
Salawu, ……...………..2012
Guru Mata Pelajaran,
...........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar